1. Perencanaan ( Planing )
Suatu proses mempersiapkan serangkaian pengambilan keputusan untuk dilakukannya tindakan dalam mencapai tujuan organisasi.
2. Pengorganisasian ( Organizing )
Gambaran dari planing, kerja sama sekelompok manusia dalam suatu kegiatan.
3. Penunjukan Personal ( Staffing )
Pengisian suatu bidang atau unit dengan personal yang melaksanakan tugas kegiatannya.
4. Pengarahan ( Directing )
Suatu usaha untuk memberikan kejelasan , petunjuk serta pertimbangan dan bimbingan terhadap para petugas yang terlibat secara struktural maupun fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar.
5. Pengkoordinasian ( Coordinating )
Usaha untuk memadu, menyatukan, meserasikan, mengintegrasikan semua kegiatan yang ada dalam oerganisasi agar pencapaian tujuan bersama dapat berjalan dengan serasi dan seimbang.
6. Pelaporan ( Reporting )
Kegiatan untuk menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan hasil pekerjaan yang telah dilakukan selama satu periode tertentu.
7. Pembiayaan ( Budgeting )
Semua unsur yang berkaitan dengan dana.
Baca tulisan sebelumnya :