Administrasi Kurikulum

Kurikulum awalnya dipakai di dunia olah raga. Dalam kamus Webster, oleh S.Nasution artinya adalah a race course, a place for running : a chariot. Yang artinya " suatu jarak yang harus ditempuh oleh pelari atau kereta perlompatan dari awal sampai akhir".

Kurikulum dalam kamus webster pada dunia pendidikan disebutkan : applied particular to the course of study in a university.

Administrasi kurikulum merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan sengaja dan sungguh-sungguh, serta pembinaan secara kuntinu terhadap situasi belajar mengajar secara efektif dan efisien demi membantu tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.


Tiga konsep yang terkait dengan kurikulum :

  1. Kurikulum merupakan inti pokok yang menjadi substansi kegiatan di sekolah.
  2. Kurikulum dipandang sebagai suatu sistem yang meliputi sistem sekolah, pendidikan dan masyarakat.
  3. Kurikulum sebagai suatu studi yang dikaji oleh para ahli di bidang kurikulum.
Kegiatan dalam administrasi kurikulum adalah kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk melaksanakan dan mengembangkan kurikulum sehingga kurikulum dapat dijadikan sebagai instrumen dalam mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.

Aspek Utama Kurikulum

Dalam garis besrnya ada 3 anggapan yang berbeda-beda :
  1. Karena sekolah didirikan oleh dan titengah-tengah masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya maka program pengajarannya harus mementingkan keadaan, latar belakang dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat.
  2. Karena usaha pendidikan adalah milik individu, maka kurikulum harus disusun berdasarkan keadaan, sifat dan kebutuhan individu.
  3. Dalam kurikulum cukup diperhatikan kebutuhan-kebutuhan dan kegiatan-kegiatan kedua belah pihak, baik anak maupun orang dewasa.
Kurikulum harus memuat pengalaman-pengalaman balajar yang sekaligus menyangkut kepentingan langsung di dalam kehidupan anak dan mempersiapkan mereka untuk hidup di masa dewasa kelak.

KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oeh sekolah dan komite dengan pedoman pada satuan isi ( SI ) dan standard kompetensi luluisan ( SKL ), serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP dengan memperhatikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

SI adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahan kajian, kompetensi mata pelajaran dan silabus pembelajran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan pendidik tertentu.

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post