BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan
sistemastis, yang dilakukan orang orang yang diserahi tanggung jawab untuk
mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat dan tabiat sesuai dengan
cita-cita pendidikan (Achmad Munib, 2004:34). Pendidikan ialah pimpinan yang
diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa kepada anak-anak, dalam
pertumbuhannya (jasmani dan rohani) agar berguna bagi diri sendiri dan bagi
masyarakat (M. Ngalim Purwanto, 2002:10). Dalam arti lain, pendidikan merupakan
pendewasaan peserta didik agar dapat mengembangkan bakat, potensi dan
ketrampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan, oleh karena itu sudah
seharusnya pendidikan didesain guna memberikan pemahaman serta meningkatkan
prestasi belajar peserta didik (siswa). Prestasi belajar siswa di sekolah
sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dari siswa tersebut dalam
memahami materi. Indikasi ini dimungkinkan karena faktor belajar siswa yang
kurang efektif, bahkan siswa sendiri tidak merasa termotivasi di dalam
mengikuti pembelajaran di kelas. Sehingga menyebabkan siswa kurang atau bahkan
tidak memahami materi yang bersifat sukar yang di berikan oleh guru tersebut.
Jika sobat ingin makalah tersebut di atas, silahkan klik link download di bawah.