BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum sebagai suatu rancangan dalam pendidikan
memiliki posisi yang strategis, karena seluruh kegiatan pendidikan bermuara
kepada kurikulum. Begitu pentingnya kurikulum sebagaimana sentra kegiatan
pendidikan, maka didalam penyusunannya memerlukan landasan atau fondasi yang
kuat, melalui pemikiran dan penelitian secara mendalam.
Dan pada dasarnya kurikulum merupakan suatu sistem
yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen kurikulum suatu lembaga
pendidikan dapat diidentifikasi dengan cara mengkaji buku kurikulum lembaga
pendidikan itu. Dari buku kurikulum tersebut kita dapat mengetahui fungsi suatu
komponen kurikulum terhadap komponen kurikulum yang lain.
Proses pengembangan kurikulum memang merupakan sesuatu
yang kompleks, karena tidak hanya menuntut penguasaan kemampuan secara teknis
penjgembangan berbagai komponen kurikulum dari para pengembang kurikulum' akan
tetapi lebih dari itu para pengembang kurikulum harus mampu mengantisipasi
berbgai faktor yang berpengaruh terhadap pengembangan kurikulum baik yang
bersifat internal maupun eksternal.