· Pengertian >> proses pemberian nilai terhadap hasil belajar yang dicapai siswa dgn criteria tertentu.
· Fungsi penilaian hasil belajar
a. Alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran
b. Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar
c. Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada orang tuanya.
· Tujuan penilaian hasil belajar
a. Mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi
b. Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah
c. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
· Prinsip penilaian hasil belajar
a. Penilaian hasil belajar hendaknya mnjadi bagian integral dari proses pembelajaran
b. Hendaknya dirancang dengan jelas kemempuan apa yang harus dinilai
c. Penialaian harus dilaksanakan secara komprehensif
d. Alat penialain harus valid dan reliable
e. Penilaian hasil belajar hendaknya diikuti dengan tindak lanjut
f. Penilaian hasil belajar harus objektif.
· Jenis penilaian
a. Penialaian formatif >> penilaian pada saat berlangsung proses pembelajaran
b. Penilaian sumatif >> penilaian pada akhir unit program
c. Penilaian diagnostic >> penilaian untuk melihat kelemahan siswa
d. Penilaian selektif >> penilaian untuk keperluan seleksi
e. Penilaian penempatan >> penilaian untuk mengetahui keterampilan prasyarat.
· Standard penilaian
Standar penilaian hasil belajar pada umumnya dibedakan dalam 2 yakni :
i. Penilaian Acuan Norma ( PAN )
Adalah penilaian yang menggunakan acuan pada rata-rata kelompok
ii. Penilaian Acuan Patokan ( PAP )
Adalah penilaian yang menggunakan pada acuan tujuan pembelajaran
· Ranah penilaian hasil belajar
1. Ranah kognitif
a. Tipe hasil belajar pengetahuan
b. Pemahaman
c. Aplikasi
d. Analisis
e. Sintesis
f. Evaluasi
2. Ranah afektif
a. Recifing : kepekaan dalam menerima ransanngan dari luar
b. Responding : reaksi yang diberikan oleh seseornag terhadap stimulus yang dating
c. Valuing : nilai atau kepercayaan
d. Organisasi : pengembangan dari nilai dalam system organisasi
e. Internalisasi nilai : keterpaduan semua system nilai
3. Ranah psikomotoris
a. Gerak rileks
b. Keterampilan pada gerak dasar
c. Kemempuan perceptual
d. Kemempuan bidang fisik
e. Gerak-gerak skil
f. Kemampuan yang berkenaan dengan komunikasi